Mengenal Jenis Hardware Pada Komputer

1. Monitor


monitor

Monitor ini termasuk alat output yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan hasil pengolahan data berbentuk grafis atau gambar,

2. Chasing


casing

Chasing ini fungsinya adalah untuk meletakkan semua hardware komputer.

Tips : ketika membeli casing sesuaikan dengan ukuran mainboard, agar pengaturan udara didalam casing sempurna, karena sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga semua hardware agar tetap awet dan tahan lama

3. Processor

processor

Processor merupakan alat pengendali dan pemrosesan pada komputer yang berfungsi untuk mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer, bisa dibilang otak komputer.

4. Motherboard


motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama sebagai tempat untuk memasang macam-macam komponen elektronik komputer seperi processor, RAM , Hardisk. Pada motherboard ini memiliki chip BIOS, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung alat input output masing-masing perangkat.

5. RAM ( RANDOM ACCESS MEMORY )


ram

RAM ini fungsinya adalah untuk menyimpan data atau instruksi sementara yang akan diproses oleh processor, RAM ini berpengaruh pada kecepatan komputer.

6. Harddisk


hardisk



Hardisk atau HDD adalah perangkat keras komputer yang terbuat dari piringan magnetik oksida yang berfungsi sebagai media penyimpanan.


7. Power Supply


power supply

Power supply berfungsi sebagai penyuplai daya yang digunakan sebagai tenaga dan energi listrik komponen-komponen komputer, jadi kalo ga ada ini ga bisa nyala.

8. VGA Card


VGA

VGA Card , singkatan dari Video Graphic Adapter fungsinya adalah mengolah data grafik yang akan ditampilkan pada monitor, cara kerjanya merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

9. DVD ROM 


DVDROM

DVDROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca atau menulis data dari media penyimpanan data CD atau DVD.

10. Keyboard


keyboard

Keyboard adalah perangkat input komputer yang digunakan untuk memasukan atau mengetik data berupa huruf, angka , atau simbol tertentu pada komputer.

11. Mouse


mouse

seperti keyboard , mouse adalah perangkat input yang berfungsi untuk menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan pada layar komputer.

12. Printer


printer

Merupakan alat output yang berfungsi sebagai pencetak hasil pengolahan data berupa teks atau gambar diatas kertas.

13. SSD


ssd

SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk. memilki fungsi yang sama yaitu sebagai penyimpanan data,  perbedaannya adalah Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). yang pasti harga lebih mahal.

14. NIC/LAN Card


lan card

NIC ( Network Interface Card ) atau LAN card ( Local Area Network ) card fungsinya adalah untuk menghubungkan komputer kedalam jaringan lokal atau internet.

15. Sound Card


sound card



alat ini berfungsi sebagai alat output yang mengolah data berupa audio, dan juga sebagai alat input yang bisa merekam audio.

16. UPS ( Uninteruptible Power Supply )


ups

UPS berfungsi sebagai penyimpan daya ketika listrik mati atau padam, dengan kata lain energi cadangan apabila sumber listrik utama mati, agar kita bisa mematikan komputer kita dengan benar .

17. Scanner


scanner

Scanner adalah alat input yang kerjanya hampir sama dengan mesin foto copy., yaitu dengan cara merubah objek atau hardfile menjadi file data digital dan dapat diolah di komputer

18. Modem


modem usb
modem adsl

Modem adalah kepanjangan dari Modulator Demodulator yang berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

19. Flashdisk


flashdisk

Perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan yang berbentuk kecil dan mudah dibawa kemana-mana dengan kapasitas yang besar.

20. Proyektor


proyektor

Perangkat yang berfungsi menampilkan gambar atau video pada layar cara kerjanya adalah proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halide logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.

21. Speaker


speaker

Perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan audio atau suara. 

22. Webcam



adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar atau video melalui jaringan internet

23. Cooler PC / Heatsink


Perangkat yang berguna sebagai pendingin pada processor agar kinerja komputer stabil.


Sumber:
http://www.b38.web.id/2016/07/mengenal-jenis-hardware-pada-komputer.html

Comments

Popular posts from this blog

Cara Instal Windows 7 Ultimate di laptop Toshiba C840

Cara Enable Temporary Usage pada SPSS v.20

Pengertian Sticky Keys Di Windows